Membaca situs web secara offline

Anda mendapati suatu situs web yang menarik dan penuh dengan artikel-artikel yang bagus. Anda ingin membaca seluruh isinya tetapi anda mempunyai koneksi internet yang terbatas. Jika anda membacanya pasti harus konek internet secara terus menerus. Harus ada cara agar seluruh isi situs web itu diunduh dan dapat dibaca tanpa harus koneksi internet atau dibaca di komputer rumah yang tidak mempunyai koneksi internet. Untuk itu anda memerlukan suatu software untuk dapat browsing secara offline.

Dulu saya biasa pakai software teleport yang dapat mengunduh seluruh isi suatu situs web kemudian dibuka/baca secara offline. Kita hanya menentukan alamatnya (url-nya) dan menentukan kedalaman situs yang akan diambil. Setelah kita jalankan program itu akan mengunduh halaman-halaman web dan semua tautan yang ada di halaman itu. Kita dapat mengatur file-file apa saja yang ingin diambil. Kalau kita pilih semua maka semua file dengan ekstensi apa saja yang dikandung oleh suatu halaman web akan terambil semuanya. Tetapi jeleknya jika halaman-halamannya mempunyai kandungan file yang seragam, maka file-file itu akan diambil sebanyak halaman yang mengandungnya. Yang mengakibatkan terjadi perulangan file dan ukuran filenya membengkak.

Sayangnya software ini harus jika tidak diregistrasikan hanya dapat mengunduh sebanyak 500 file saja. Sekarang ada beberapa software lain yang bisa digunakan seperti HTTrack (opensource), WebCopier (shareware) atau webaroo (freeware). Meskipun webcopier berlisensi shareware, tetapi bisa kita gunakan penuh selama 15 hari. Jika ingin yang free, gunakan HTTrack. Sedangkan webaroo dapat kita jalankan menggunakan flash disk. Jadi kita bisa pake di warnet dan kita baca hasilnya di rumah. Keunggulan lainnya dari webaroo adalah aplikasi ini tersedia untuk PC, Portabel Storage Devices seperti USB flash disk dan juga untuk Mobile (Handphone yang mendukung akses Internet, Java applications).

Jika kita sudah mengunduh semua file yang ada, maka kita bisa membuka file yang bernama index.html atau default.html, dan jika download berhasil maka kita bisa browsing file-file yang ada secara offline (tautan-tautannya otomatis akan tetap terjaga). Yang perlu diperhatikan, jika isi sebuah web banyak, maka mungkin perlu kesabaran untuk menngunduh semua isinya, apalagi jika akses internet naik turun. Sebaiknya juga diatur, agar download hanya artikel (html saja) dan file tambahan yang ukurannya besar diabaikan.

sumber: http://ebsoft.web.id

About these ads

7 Tanggapan

  1. tukaran link donk,

  2. makasih infonya ya,,,,
    salam kenal buat semuanya, silahkan klik: http://simpanglima.wordpress.com/

  3. httrack itu buat linux ya??

  4. thanks infonya bos

  5. Emmm… Good Posting… I like it.

    Salam Kenal….

    http://mrzie3r.wordpress.com/

  6. Makasih Kak..
    Ini yang saya lagi cari…
    He..he..

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: