Terapi Air Limbah Madukismo

Setiap pagi berangkat ke kantor aku selalu melewati Pabrik Gula Madukismo Bantul Yogyakarta. Tetapi di bulan puasa ini, ada keramaian baru yang terjadi  di sebelah selatan pabrik itu.  Banyak orang berendam di selokan tempat pembuangan  limbah pabrik itu. Katanya sih bisa menyembuhkan berbagai penyakit. 

Fenomena ini sebenarnya sudah terjadi beberapa waktu yang lalu sebelum bulan puasa. Lokasinya berada di areal persawahan dibelakang Pabrik Gula Madukismo Kasihan Bantul Yogyakarta. Asal muasal fenomena ini adalah ketika salah seorang warga yang mengaku berasal dari Klaten Jawa Tengah minta ditunjukkan lokasi pembuangan limbah air panas dari pabrik. Warga klaten tersebut kemudian berendam berulang kali beberapa hari. Warga klaten yang mengaku mengidap penyakit rematik tersebut, setelah berendam beberapa hari sakit rematiknya sembuh.

Sekarang setiap kali lewat situ mesti agak macet karena penduduk sekitarnya membuka lahan parkir di sepanjang jalan itu. Apalagi kalau mau saat berbuka puasa, pengunjungnya tambah banyak. Macetnya tambah parah. Jadi kalau pulang kantor nggak berani lewat jalan itu lagi.

Ini aku nukilkan beberapa foto dari jepretan Detik.com.

Sumber: Detikfoto.com

About these ads

5 Tanggapan

  1. aq gak percaya.. karena d situ ada satu nyawa melayang. Limbah yg penuh dengan kandungan kimia berbahaya akan membuat kesehatan pasti terganggu.

  2. untuk madukismo jg mengeluarkan limbah debu yg membuat warga jogonalan kidul dan sekitarnya menjadi tak nyaman dan sangat terganggu aktivitasnya! dan itu sudah berlangsung bertahun-tahun. sisi positif pasti ada juga sisi negatifnya .. GULA MADUKISMO Memang MANIS tapi tak semanis ABUnya.

  3. Setahuku kalo yg keluar itu panas mgk dr air jatuhan kondensor,jd kemungkinan besar cm mengandung gula krn entraintment,dg suhu mgk 45-55C,jgn digebyah uyah limbah mgdg bhn berbahaya,utk abu i2 permasalahan klasik madukismo yg hrs segera ditangani demi kepentingan brsama
    (ahli gula-hawaii)

  4. napa ya terlalu mudah bagi org kita percaya hal-hal seperti ini
    namanya juga limbah pasti memiliki efek negatif terhadap kesehatan. apa emang budaya ini sudah mengakar bagi rakyat indonesia. seingatku zaman ketertinggalan informasi dulu kita mungkin bisa terima tp untuk saat ini…………..
    sepertinya yg paling urgent diperbaiki bukanlah kesehatan masyarakat tp keyakinan yang salah inilah biangnya

  5. Yuk limbah kita gayengkan lagi lumayan parkiran bisa nambah kas kampung.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: